Selasa, 16 April 2013

Resume Struktur Pasar

         Struktur adalah bagaimana suatu bagian-bagian yang saling terhubung antara satu dengan yang lain.Pasar merupakan tempat terjadinya transaksi jual beli yang mencakup ruang lingkup dari kecil hingga besar.Dimana pasar ini bisa di katakan jenisnya ada pasar tradisional dan modern.Itu lah sebab nya mengapa saya katakan pasar adalah tempat terjadinya transaksi jual beli yang mencakup ruang lingkup dari kecil hingga besar.Pasar tradisional dimana suatu pasar yang terjadi  ketika sekelompok orang yang memiliki barang untuk di jual berkumpul menempati suatu tempat untuk menjual barang mereka masing-masing.Sedangkan pasar modern saya artikan suatu tempat  terjadinya transaksi jual beli yang hanya memiliki 1(satu) penjual/pemilik,mempunyai banyak barang yang akan di jual,dan banyak pegawai yang membantu untuk menjualnya.
Contoh;
1.Pasar Tradisional : Pasar Minggu,Pasar Senin,Pasar Kamis,dsb.
2.Pasar Modern      : Indomart,Alfamart,Hypermart,Sevel,dsb.

         Sehingga struktur pasar saya pahami sebagaimana bagian-bagian dari suatu sistem transaksi jual beli yang saling berhubungan antara satu dengan yang lain.

Struktur Pasar terdiri dari :


1. Pasar Persaingan Sempurna

         Pasar persaingan sempurna merupakan jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk atau barang yang dijual bersifat homogen. Dengan pembentukan harga melalui interaksi antara penawaran dan permintaan.

2. Pasar Persaingan Tidak Sempurna


        Pasar persaingan tidak sempurna itu ada (Pasar Monopoli,Pasar Monopolistik,Pasar Oligopoli).Singkat pengartian dari pasar monopoli adalah suatu pasar dimana hanya memiliki satu produsen atau dapat di katakan hanya satu produsen yang menguasi pasar dalam jenis barang atau jasa yang di produksinya.Contoh dari Pasar Monopoli di indonesia adalah PLN yang merupakan perusahaan atau produsen pembangkin tenaga listrik ini di monopoli oleh pemerintah.Dimana pemerintah mempunyai hak kuasa penuh untuk menentukan harga jualnya.

         Pasar Monopolistik di mana pasar yang terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek. Penjual pada pasar monopolistik tidak terbatas, namun setiap produk yang dihasilkan pasti memiliki karakter tersendiri yang membedakannya dengan produk lainnya.Contohnya perbedaan warna,bentuk,rasa dsb.

        Pasar Oligopoli adalah pasar dimana persaingan antara produsen atau perusahaan-perusahaan besar yang menguasai penawaran satu jenis barang.Pasar oligopoli ini hampir mirip dengan pasar monopoli,tetapi hanya saja pasa oligopoli ini tidak hanya satu produsen atau perusahaan yang memiliki kuasa atas penentuan harga atau nilai penawaran.Tetapi terdiri dari beberapa produsen atau perusahaan besar,dan pada umumnya tidak sebanyak pada pasar monopolistik.



Qoute saya: "Bagaimanapun jenis pasar dan persaingannya sebagai produsen kita harus tetap menjaga prilaku produsen yang positif,baik dan jujur".

0 komentar:

Posting Komentar