- Harga Permintaan.
Sebelum kita dapat menentukan sebuah harga permintaan,kita harus mengerti dimana dari hukum permintaan itu sendiri.Dimana hukum permintaan itu bersifat berbalik antara harga dan permintaan barang itu sendiri,karena hukum permintaan berkata "Suatu harga naik maka permintaan akan turun ,sebaliknya jika harga turun maka permintaan akan naik".
Disini dapat saya ambil contoh untuk saat ini harga mobil yang memang terkenal selangit dari dulu,yaitu mobil ferrari.Mobil ferrari ini memiliki harga yang sangat tinggi sehingga permintaan nya pun turun ,karena tidak banyak konsumen yang ingin atau tepatnya mampu membeli mobil merk ferrari ini.Saya bisa katakan tingkat permintaanya menurun atau rendah karena dapat di lihat dalam nyata sehari-hari jarang sekali ditemukan mobil merk ferrari ini.Mungkin Permintaan turun atau rendah memang belum tentu karena harga mahal sehingga konsumen tidak mampu atau ingin membeli mobil ferrari ini.Bisa saja di karenakan mobil ferrari yang berdesign sport ini tidak cocok dengan lingkungan Indonesia yang jalan rayanya tidak rata dan bagus,Sehingga konsumen yang mampu dan ingin membeli mobil ferrari ini berfikir lebih lanjut untuk membelinya atas dasar tidak dapat di gunakan dengan maksimal di Indonesia.
Dan satu contoh lagi adalah mobil Toyota dan Daihatsu yang terkenal belakangan tahun ini memiliki kerja sama atas desaign product mobil mereka,sebut saja avanza dan xenia yang memiliki tingkat harga menengah kebawah atau sedang,tingkat permintaannya menjadi tinggi.Begitu sesuai dengan kenyataan bahwa sering kali saya lihat sehari-hari banyaknya pengguna avanza dan xenia.Selain itu permintaan dapat meningkant karena kedua mobil ini memang memiliki design cocok dengan lingkungan jalan raya Indonesia.
Qoute saya: "Permintaan yang menurun atau rendah bukan selalu berasal dari harga yang naik atau tinggi,bisa saja karena memang dari jenis product yang tidak sesuai dengan lingkungan pemasaran dan permintaan menaik juga bisa saja bukan karena harga rendah atau menurun tetapi karena faktor lingkungan pemasaran."
2. Harga Penawaran.
Seperti halnya menentukan harga permintaan,menentukan harga pernawaran pun kita harus memahami hukum penawaran "Naiknya harga akan berdampak naiknya juga tingkat penawaran,dan turunnya harga akan berdampak turunnya tingkat penawaran".Dapat di katakan grafik harga penawaran dan tingkat penawaran akan berbading lurus.
Contoh kasusnya disini saya ambil harga komponen-komponen laptop dengan spesifikasi yang tinggi dan kebutuhan manusia untuk menggunakan laptop dengan spesifikasi yang tinggi saat ini sangat naik,maka penawaran yang tinggi pada laptop-laptop spesifikasi tinggi pun meningkat akibat harga laptop-laptop spesifikasi tinggi ini pun naik dan penawaran menjadi naik.
Qoute saya: "Setiap barang yang akan di tawarkan atau di pasarkan akan memiliki harga yang sesuai dengan komponen-komponen atau bahan baku barang tersebut dan akan mempengaruhi tingkat pemasaran dari produsen terhadap konsumen".
Nama : Ahmad Yusuf
NPM : 10111460
Kelas : 2KA06
0 komentar:
Posting Komentar